MOGRAPH

Apa itu Motion Graphic?

Motion graphics adalah bentuk seni digital yang menggabungkan desain grafis dengan animasi untuk menciptakan elemen visual yang bergerak. Ini adalah bentuk komunikasi visual yang populer dalam dunia media, periklanan, pemasaran, dan produksi video. Motion graphics juga bisa menjadi potongan animasi atau rekaman digital yang menciptakan ilusi gerakan atau perputaran, dan biasanya digabungkan dengan audio untuk digunakan dalam proyek multimedia.

Apa yang perlu dipelajari di Motion Graphic?

18841130_5998147

Desain Grafis

Motion graphics dimulai dengan desain grafis dasar, yang mencakup elemen-elemen seperti teks, bentuk, warna, tipografi, dan gambar. Desainer grafis menciptakan elemen-elemen ini dengan menggunakan perangkat lunak desain.

8960517_4038946

Animasi

Animasi adalah inti dari motion graphics. Ini memberikan kehidupan pada elemen-elemen grafis dengan membuat mereka bergerak. Animasi dapat berupa pergerakan objek, perubahan warna, rotasi, transformasi, atau efek visual lainnya.

SSUCv3H4sIAAAAAAACA02Ry07DQAxFf8XyOuIhdtkXBBKigmXFwpm4qekkjsaTFFTl3/H0gdj5cW3fOXPEhkwC1keUGCfLibLogPV9hdxK1iQUsb5bKrRMeTI213oWKHPn3VN+XbI5ljrW+NZ8cciGPjU1nj+bRh9ocamukjXrGPlP8SoWOEYaWCfD5bNC6ngIP+Wan0scmU7HN97aHzKn/uJklpb1HNLUSglx1kDR+w/Fqb9K+1LtEo07CUlmTiVv2YIH+Eip5wRN1A627hOMM+gW5OIagvajmhQyBgfJO5iFD1Y0tlPNMnQwJg1sBg2FvaPqGGjwySijt/isnx2KJvhP+gZWjpmayLBaf5xm3nlo3Y4M8LJ+gq2m3oFVmL8LNqwu/M677LbloGXVXFjq3n9uWZZfxmuc39cBAAA=

Komposisi

Komposisi adalah cara menggabungkan elemen-elemen grafis dan animasi dalam satu bingkai. Motion graphic designer harus memikirkan tata letak, kedalaman, dan cara elemen-elemen tersebut berinteraksi satu sama lain.

Tiny business people watching at digital devices screens and clock. Screen addiction, digital overload, information overload implications concept. Bright vibrant violet vector isolated illustration

Ketepatan

Motion graphics seringkali memiliki waktu yang sangat penting. Kita harus memahami konsep seperti timing, pacing, keyframes, dan interpolasi (perubahan nilai antara keyframes) untuk menghasilkan gerakan yang mulus dan bermakna. 

Langkah langkah membuat Motion Graphic

1. Riset dan Pengembangan

Dengan menyelidiki dan mengembangkan konsep secara menyeluruh sebelum masuk ke proses animasi sebenarnya, Anda meningkatkan kemungkinan menciptakan produk akhir yang sukses dan berdampak.

employees-working-together-side-view
analyzing-statistical-data-with-colleagues

2. Pra Produksi

Pra-produksi adalah langkah penting dalam menyusun landasan yang kuat untuk produksi animasi. Semua keputusan yang dibuat selama fase ini akan membantu meminimalkan risiko dan memastikan kelancaran proses produksi dan pasca-produksi.

3. Produksi

Produksi adalah fase di mana konsep dan rencana yang telah dikembangkan selama pra-produksi menjadi kenyataan. Tim animasi dan produksi bekerja sama untuk menghasilkan animasi yang sesuai dengan visi yang telah ditetapkan sebelumnya.

illustrators-tools-arrangement-still-life
please-wait-loading-waitng-trasfer-anticipation-concept

4. Pasca Produksi

Tahap kritis yang memastikan bahwa animasi mencapai tingkat kualitas yang diinginkan sebelum disajikan kepada publik. Proses ini melibatkan koordinasi antara berbagai departemen dan profesional.

Apa software yang digunakan?

Adobe Animate

Adobe Animate adalah multimedia yang berguna untuk membuat animasi. Adobe Animate digunakan untuk merancang grafik vektor dan animasi untuk program televisi, video online, situs web, aplikasi web, aplikasi internet yang kaya, dan permainan video.

log animate

Video Pembelajaran